Home » , , » Tips dan Cara Efektif Mematikan/Disable Keyboard Internal Laptop

Tips dan Cara Efektif Mematikan/Disable Keyboard Internal Laptop


Tips dan Cara Efektif Mematikan/Disable Keyboard Internal Laptop -- Kali ini saya ingin berbagi pengalaman pribadi terkait dengan keyboard internal laptop yang rusak. Khususnya ketika ingin mematikan/mendisable/ menonaktifkan/ me-uninstall keyboard internal dan menggatinya dengan keyboard eksternal.

Sejatinya, jika kerusakan keyboard internal hanya sebatas tidak berfungsi atau tidak bekerjanya beberapa tombol, mungkin tidak terlalu masalah. Karena kita cukup mencolokkan kabel keyboard eksternal ke dalam laptop, dan langsung bisa bekerja kembali.
Yang menjadi masalah adalah kalau keyboard internal bukan hanya tidak berfungsi, tetapi menimbulkan dampak yang mengganggu terhadap operasional laptop. 

Misalnya ada tombol keyboard yang menekan sendiri ketika laptop dihidupkan, sehingga menimbulkan dampak yang macam-macam. Apakah itu berupa munculnya ketikan huruf tertentu yang panjaaaang dan terus menerus, atau kursor di layar laptop berlari-lari sendiri, atau bisa juga menimbulkan bunyi suara panjang yang tidak lazim dan memekakkan telinga. 

Jika ini yang terjadi, meskipun keyboard eksternal sudah terpasang, kita tetap tidak bisa bekerja karena terus-menerus diganggu dan direcoki oleh keyboard internal yang berjalan sendiri. Satu-satunya cara adalah harus mematikan atau mendisable atau menonaktifkan secara total keyboard internal.

Persoalannya kemudian adalah, seringkali driver untuk keyboard internal ternyata tidak bisa di disable maupun di-uninstall dengan cara sederhana. Pengalaman saya, meskipun sudah berhasil di uninstall, namun ketika laptop di restart atau dihidupkan ulang dari awal, maka driver keyboard internalnya akan secara otomatis terinstall kembali.  Sehingga masalah yang kita bahas tadi muncul kembali.

Itulah yang akan kita bahas dalam tips komputer kali ini. Untuk mengatasi persoalan tersebut, silahkan ikuti prosedur men-disbale keyboard internal dan menggantinya dengan keyboard external berikut ini.

Tips dan Cara Menonaktifkan Keyboard Internal Laptop Windows7




    1. Masuk ke Device Manager dengan cara, klik tombol Start dan lanjutkan dengan Klik kanan pada Computer dan pilih Properties dan klik Device Manager.
    2. Pada jendela Device Manager, klik tepat pada tanda segi tiga dengan tulisan Keyboard agar terlihat detail driver keyboardnya.


    3.   Klik kanan pada Keyboard Device Filter (sesuaikan dengan driver laptop anda), kemudian klik Update Driver Software.


    4.   Langkah berikutnya, klik pada Browse my computer for driver software.


    5.   Langkah berikut ini, klik pada tulisan Let me pick a list of device driver on my computer.


    6.   Hilangkan tanda contreng pada pilihan Show compatible hardware dan pilih salah satu driver yang TIDAK SESUAI/INCOMPATIBLE dengan laptop anda. Artinya, apabila laptop anda adalah Acer, jangan install driver Acer, tetapi install driver selain Acer, misalnya Samsung, Fujitsu, Key Tonic dan lainnya. Pada contoh dalam tulisan ini, saya menginstall driver Fujitsu 109 Japanese USB Keyboard pada notebook Asus. Klik Next


    7.   Setelah anda klik Next maka akan muncul peringatan bahwa driver yang diinstall tersebut tidak compatible dengan perangkat yang terpasang. Klik saja YES, karena memang kita sengaja menginstall driver yang tidak compatible.


    8.   Setelah selesai melakukan installasi, windows 7 akan menampilkan
    pesan bahwa proses installasi sudah selesai dan klik Close.


    9.   Bila Windows 7 meminta anda untuk melakukan restart ulang laptop/netbook anda, maka restartlah. Dan jangan lupa, pada saat komputer melakukan restart, silahkan pasang keyboard external dan mouse external karena keyboard maupun touch pad pada notebook/laptop segera tidak akan berfungsi lagi.

    10. Selesai! Sekarang keyboard internal untuk notebook/laptop anda sudah didisable. Anda sudah dapat menggunakan keyboard dan mouse external tanpa harus terganggu dengan ulah keyboard internal dan touch pad laptop.

     ****

    UPDATE : Untuk menjawab banyaknya pertanyaan yang muncul mengenai cara mengembalikan atau mengaktifkan kembali keyboard laptop yang sudah didisable, kami sudah merilis artikel: "Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard Internal Laptop yang Sudah Di-disable." Rekan-rekan yang bertanya di kolom komentar soal ini, silahkah dicoba! Mudah-mudahan bisa membantu. 
    TERIMAKSIH dan SALAM !!!
    _____________________

    Thanks for reading Tips dan Cara Efektif Mematikan/Disable Keyboard Internal Laptop

    « Previous
    « Prev Post
    Next »
    Next Post »

    77 komentar:

    1. wah gitu to ternyata.... instal pake driver yang enggak kompatibel sama bawaannya... makasih infonya mas..

      ReplyDelete
    2. Terimakasih gan :)
      Succesfully di leptop ane Acer Windows 7 :D

      ReplyDelete
    3. Terimakasih gan :)
      Succesfully di leptop ane Acer Windows 7 :D

      ReplyDelete
    4. Replies
      1. Waduhh... maaf gan kalau malah membuat repot! Memang benar kalau keyboard internalnya sudah dimatikan, mouse touch pad nya juga ikut mati (karena ia ada dalam satu rangkaian). Karena itu, seperti saya tulis di poin-9 di atas, kalau kita memakai keyboard eksternal harus sepaket dengan mouse eksternal juga, bisa yg kabel maupun nirkabel... terimakasih!

        Delete
    5. Terima kasih banyak suhu, sangat membantu.

      ReplyDelete
    6. yang susah cari driver keyboard lain.
      rata2 gak ada yg posting driver keyboard.

      ReplyDelete
      Replies
      1. tidak perlu cari bro... begitu anda menghilangkan tanda contreng pada "SHOW COMPATIBLE HARDWARE" maka akan muncul banyak pilihan driver keyboard di kotak bawahnya (poin ke-6 di atas). Agan tinggal klik salah satu driver yang TIDAK SESUAI atau tidak sama dengan merek laptop agan (baik manufacture-nya maupun modelnya).... maksudnya supaya 'sambungan' ke keyboard bawaan laptop terputus... semoga berhasil, Trmksh !

        Delete
    7. Misi gan, izin share ya...
      Kami menjual KB + Mouse Wireless MK220

      KB + Mouse Wireless MK220
      Price Rp 220.000

      Fitur

      Desain jauh lebih kecil, dengan tombol yang sama
      Keyboard kompak yang 36% lebih kecil dibandingkan keyboard standar namun masih memiliki semua tombol standar—sehingga melakukan hal-hal yang Anda sukai menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya.

      Desain minimalis dan ramping
      Desain keyboard yang minimalis tidak hanya berpadu dengan dékor Anda—namun juga memiliki tujuan. Tanpa ruang di antara tombol menjadikannya kompak dan juga ramping.
      Tombol hening
      Tombol-tombolnya tidak bersuara, sehingga Anda dapat mendengarkan lagu yang Anda putar—dan bukan mendengar suara mengetik.

      Koneksi nirkabel Advanced 2.4 GHz
      Jadi Anda dapat bekerja di lebih banyak tempat—seperti di sofa Anda yang nyaman—koneksi nirkabel menghilangkan jeda, terputus, atau gangguan lainnya dan memberikan jangkauan hingga 10 meter (33 kaki).*

      Bebas repot mengganti baterai
      Daya tahan baterai keyboard 24 bulan dan mouse 5 bulan berarti Anda dapat menggunakannya berbulan-bulan tanpa repot mengganti baterai.**

      Kesederhanaan plug-and-play
      Pengaturan tak pernah lebih mudah dari ini—Anda hanya perlu memasang penerima sinyal nirkabel ke port USB dan mulai mengirim tweet, mengirimkan posting blog, dan berkirim-kiriman pesan instan dalam sekejap tanpa perlu software.

      * Jangkauan nirkabel dapat bervariasi bergantung pada kondisi komputer dan lingkungan.
      ** Perhitungan daya baterai keyboard berdasarkan estimasi dua juta ketikan tombol/tahun dalam lingkungan kantor. Pengalaman pengguna dapat bervariasi. Daya baterai mouse dapat bervariasi bergantung pada pengguna dan kondisi komputer.

      Kunjungi web kami untuk produk lainnya



      Terimakasih :)

      ReplyDelete
    8. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
      http://servicekomputermurahsurabaya.blogspot.com/

      ReplyDelete
    9. kalo mengembalikan ke semula apakah dengan instal driver yg asli lagi gan.?

      ReplyDelete
      Replies
      1. benar gan... ikuti langkah di atas sampai ke poin-6, lalu kasih tanda centang pada "SHOW COMPATIBLE HARDWARE" dan pilih driver yang SESUAI/ COMPATIBLE dengan laptop agan (merek dan model keyboard sama dengan merek laptop)... tapi kalau keyboard aslinya memang rusak, agan harus perbaiki dulu kerusakannya supaya tidak kembali menimbulkan masalah.... tukang service laptop sekarang punya teknologi yang canggih untuk mendeteksi dengan cepat tombol2 yang rusak... terimakasih sudah mampir!

        Delete
    10. Thanks broh untuk tipsnya :)
      http://goo.gl/ic8K14

      ReplyDelete
    11. Terimakasih, sangat membantu sekali.

      ReplyDelete
    12. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete
    13. Sangat tidak membantu... Saya tidak bisa ngpa2in... Saya kan mnta keyboard aja.... Cursor malah mati

      ReplyDelete
      Replies
      1. Waduhh... maaf gan kalau malah membuat repot! Memang benar kalau keyboard internalnya sudah dimatikan, mouse touch pad nya juga ikut mati (karena ia ada dalam satu rangkaian). Karena itu, seperti saya tulis di poin-9 di atas, kalau kita memakai keyboard eksternal harus sepaket dengan mouse eksternal juga, bisa yg kabel maupun nirkabel... terimakasih!

        Delete
      2. Maksudnya gimana ya.saya udah ngikutin cara diatas.kok keyboard eksternal ku kok nggak aktif yaaa

        Delete
      3. Maksudnya gimana ya.saya udah ngikutin cara diatas.kok keyboard eksternal ku kok nggak aktif yaaa

        Delete
    14. Sangat tidak membantu... Saya tidak bisa ngpa2in... Saya kan mnta keyboard aja.... Cursor malah mati

      ReplyDelete
    15. gan klo mengembalikan lagi ke Keyboard internal gmn caranya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. ada pertanyaan serupa sudah dijawab di atas gan... maaf, memang telat merespondnya. Terimakasih!

        Delete
    16. klo sebaliknya gmn gan?
      keyboard laptop acer saya tidak ada yg berfungsi smua, padahal masih baru seminggu... help me gan... please...!!! :')

      ReplyDelete
      Replies
      1. terimakasih sudah berbagi...biasanya kalau tombol keyboard yg tidak berfungsi itu banyak, apalagi semuanya (total) kemungkinan besar masalahnya ada pada kabel (sambungan)... tolong dicheck mungkin sambungannya lepas atau longgar... (maaf tidak bisa berdiskusi banyak, karena kurang jelas apakah maksudnya keyboard internal atau keyboard eksternal?)

        Delete
    17. Trims bnget pak... web nya sngat membantu sekali... tapi sy mau tanya. Kalo keyboart internalnya kita lepas, bermasalah ga pada laptopnya? Jdi kabel keyboardnya kita putus gitu maksudnya?tks mohon pencerahannya.
      Salam

      ReplyDelete
      Replies
      1. nggak ada masalah sich mbak... cuma repot aja, kalau bisa di"disable" dengan tips kita di atas, ngapain repot harus bongkar dulu untuk mutus kabelnya? (melepas keyboard laptop susah juga kalau tidak biasa)... thank's, salam kembali mbak echa!

        Delete
    18. Thanks bro!, sangat membantu

      ReplyDelete
    19. Thanks bro!, sangat membantu

      ReplyDelete
    20. Makasih banyak gan,atas ilmunya sangar bermanfaat sekali .maaf gan mau nanya kalo mau matiin mous nya aja gimana

      ReplyDelete
    21. Sudah sempat berhasil tp kenapa kembali kepencet2 gt yaa??

      ReplyDelete
      Replies
      1. This comment has been removed by the author.

        Delete
      2. Diulang lagi mas... step by step. Biasanya kalau tahapannya benar, dia tidak akan ngulah lagi. Beda kalau kita disable dgn cara biasa, keyboard internalnya akan kembali aktif dan bermasalah saat laptop dihidupkan kembali.

        Delete
    22. Mau nanya gan, Ane udah nyoba cara tsb. (Kondisi trpasang keyboad&mouse extrnal) Kmudian mau d kmbalikan lg sprti smula (mngAktifkan keyboard intrnal lg), eh,, keyboard intrnal udh aktif tp mouse internalnya ga aktif, trus ane utak atik sndiri d pngaturan Device mouse, eh,, malah mouse nya ga aktif smua (intrnal&extrnal), sontak ane panik gan, trus ane matiin aja laptopnya kmudian d nyalakan lg, alhamdulillah mouse intrnal aktif tp mouse external msh ga aktif, kmudian mouse extrnl gw copot, dan gw utak atik lg d pngaturan Device mouse nya, trus mouse xtrnl d pasang lg, alhamdulillah smua nya aktif sprti smula, walaupun keyboard intrnal dlm keadaan msh rusak & aktif. Ane jd takut utk menonaktfkaannya lg, takut nanti ngembaliin lg nya salah. Maaf gan, tolong jelasin cara utk ngembaliin sprti smula lg dong, ane udah baca komen2&reply agan d atas. Tp mnurut reply agan utk ngembalikan lg sprti smula dg menContreng SHOW COMPATIBLE HARDWARE, tp wktu ane mau coba udah ada tanda contrengnya, jd ane hilangkan contrengnya & milih merk & model lg

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salahnya di situ gan... kalau tanda contrengnya sudah ada, biarkan saja dan lanjut dengan mengklik model keyboard yang COMPATIBLE (yang juga sudah muncul sendiri) di bawahnya. Jadi jangan justru dihilangkan tanda contrengnya. Untuk lebih jelasnya tahap-demi tahap cara mengembalikan atau mengaktifkan kembali keyboard laptop yang sudah didisable dengan cara di atas, kita sudah share tulisan baru "Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard Internal Laptop yang Sudah Di-disable." (Link-nya ada dalam Update artikel di atas, atau lihat dalam Related Post). Terimakasih.

        Delete
    23. Hahaha.. kasusnya sama persis bang keyboard internalnya ganggu pekerjaan.. tapi sekarang dah gak aktif lagi. hatur nuhun makasih banyak ya bang.. sekarang sudah pake keybord external.

      ReplyDelete
    24. gan kalo diaktifkan kembali gimana?

      ReplyDelete
    25. yes berhasil.. makasih infonya gan :)

      ReplyDelete
    26. Replies
      1. cara mengaktifkan kembali sudah dijawab di atas... silahkan dicheck komment sebelumnya. Tks.

        Delete
    27. Alhamdulillah... Akhirnya bisa ngerjain tesis lg. Makasih ya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Alhamdulillaah... semoga thesisnya cepat rampung dan lulus dengan istimewa....

        Delete
    28. Bang win8 gak bisa yah meskipun udah gak dicentang juga . Tetep minta driver keyboard lain. Gimana ya?

      ReplyDelete
    29. Terimakasih bang sudah membantu

      ReplyDelete
    30. Ga ngefek Gan, dah saya coba tapi keyboard internalnya masih tetap aktif.

      ReplyDelete
    31. Ga ngefek Gan, dah saya coba tapi keyboard internalnya masih tetap aktif.

      ReplyDelete
    32. kalau untuk lenovo gimana? kalau langsung install keyboard external nya langsung apa bisa ya?

      makasih saya tunggu jawabannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa mas... untuk menggunakan keyboard eksternal bahkan tidak perlu install, langsung colok saja... yg sering jadi masalah adalah, keyboard internalnya bukan hanya tidak berfungsi, tapi juga mengganggu (misalnya, mengetik sendiri huruf tertentu; atau kursor jadi berjalan sendiri; atau mengeluarkan bunyi yang mengganggu, dst.) Karena itu kita perlu mematikan atau menon-aktifkannya lebih dulu....

        Delete
    33. Makasih banyak.
      Pas banget sesuai yang aku alami.
      sebenernya cuman nebak aja kalau keyboard internal laptopnya rusak soalnya setiap muter film suka keplayback sendiri terus ga bisa double klik filmnya. Ternyata bener keyboard internalnya rusak. Soalnya pas udah diuninstall lancaar.

      Makasih. Keep posting

      ReplyDelete
    34. Itu ngeinstall nya pake internet gak? Soalnha notebook saya gak ada tanda buat nyalain wifi, modem saya juga rusak, gimana nih gan mohon pencerahan nya

      ReplyDelete
      Replies
      1. nggak mbak... gak ada hubungan dengan internet atau wifi, langsung aja offline...

        Delete
    35. terimakasih telah berbagi cara Disable Keyboard , sama seperti pada video ini https://youtu.be/dtzV7qfIDk4 , tapi judulnya pake bahasa inggris "How to disable laptop keyboard Or Notebook With Fast and Easy Method"

      ReplyDelete
    36. Makasih gan :) laptop ane jadi bener (y) toshiba win 7 ultimate

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama-sama gan.... terimakasih sudah mampir!

        Delete
    37. Makasih bwanyakkkkk sangat sangat membantu infonya

      ReplyDelete
      Replies
      1. samma-samma mbak.... semoga lancaaaarrr....

        Delete
    38. Terimakasih mas bro. Sangat terbantu.ty :)

      ReplyDelete
    39. Klo Mouse dan keyboard externalnya yg bluetooth bisa gak gan? Terima kasi.

      ReplyDelete
    40. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
    41. masa bisa mas,?
      cara ngatasinnya gimn jika gagal?

      ReplyDelete
    42. Tapi punya saya kok tetep ngga bisa ya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Maksudnya, keyboard internal laptopnya tidak bisa disable? Mestinya bisa gan... dicoba lagi step by step... mungkin ada yang terlewat.

        Delete
    43. Apakah pada saat tampilan pengaturan di Bios, keyboard eksternal akan berfungsi? (kondisi keyboard eksternal terpasang)
      *misalkan tombol Enter, tombol (atas, bawah, kanan, kiri), tombol Esc

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mestinya iya gan... ketika keyboard eksternal sudah terpasang dgn baik, maka semua fungsi keyboard internal juga akan berfungsi pada keyboard eksternal.

        Delete
    44. Saya berhasil disable keyboard laptopnya, tp kenapa malah touch-pad nya juga ikut ke disable ya? Saya pake mouse external bisa, lalu pas saya cabut, kursornya hilang lagi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Memang begitu gan... di atas juga ada pertanyaan yg sama. Kalau keyboard internalnya sudah dimatikan, mouse touch pad nya juga ikut mati (karena ia ada dalam satu rangkaian). Karena itu, seperti saya tulis di poin-9 di atas, kalau kita memakai keyboard eksternal harus sepaket dengan mouse eksternal juga, bisa yg kabel maupun nirkabel... terimakasih!

        Delete