Home » , » Cara Aman Utak-Atik dan Edit HTML Template Blog Bagi Pemula

Cara Aman Utak-Atik dan Edit HTML Template Blog Bagi Pemula


Cara Aman Utak-Atik dan Edit HTML Template Blog Bagi Pemula -- Sama seperti saya, saya yakin banyak di antara teman-teman blogger yang tidak terlalu faham dengan bahasa pemprograman HTML. Dan sama seperti saya, karena merasa awam dan asing, seringkali kita menjadi takut untuk mencoba atau belajar mengutak-atik HTML blog. Padahal, takut belajar sudah pasti akan membuat kita selamanya tidak akan pernah bisa, dan selamanya pula kita akan menjadi awam tentang HTML.


Maaf, jika ada yang mengira tulisan ini akan membahas soal ilmu HTML. Sama sekali tidak! Sebab seperti saya katakan, saya juga awam dengan ‘benda’ satu ini. Tulisan ini hanya ingin berbagi, khususnya bagi sesama blogger pemula, bagaimana tips dan cara yang aman agar kita-kita yang awam ini tetap bisa dan berani belajar untuk mengutak-atik kode-kode HTML, khususnya kode HTML dalam template blog.

 


1. Selalu back-up template sebelum utak-atik HTML

Blogger telah menyediakan fasilitas untuk memback-up atau mencadangkan template blog, sebagai upaya berjaga-jaga kalau nanti dalam proses pengeditan HTML terjadi kesalahan berat yang membuat blog menjadi erorr atau berantakan.


Caranya mudah! Anda tinggal masuk ke Dasboard blogger, klik Template (atau Rancangan/Layout), lanjutkan dengan klik Cadangkan/Pulihkan, dan pilih Unduh Template Lengkap. Tunggu hingga proses download selesai, lalu akhiri dengan klik Tutup.


Setelah itu, silahkan mengedit template sepuasnya. Dan kapanpun Anda merasa ingin kembali ke kondisi awal template sebelum dibongkar-pasang, Anda tinggal mengambil kembali template yang sudah diunduh dari tempat penyimpanan file download di komputer Anda, dan pasangkan kembali ke blog seperti sedia kala. (Jika belum faham juga, silahkan baca : Cara Memback-up atau Mencadangkan Template Blog Sebelum Utak-Atik HTML).


2. Gunakan kotak “pencarian cepat” Ctrl + F



Template dibuat dengan serangkaian kode-kode HTML yang sangat banyak, panjang, dan rumit. Sehingga mencari kode-kode tertentu, atau mencari posisi penempatan kode-kode pada laman editing template, akan sangat sulit jika dilakukan secara manual.  Tapi jangan khawatir, blogger sudah menyediakan fasilitas “pencarian cepat” kode HTML dengan Ctrl + F. Dengan cara ini, kode apapun yang Anda cari di dalam templet akan bisa dilacak dan ditemukan dalam waktu cepat. (Bagi yang belum faham cara menggunakannya, baca Cara Menggunakan “Pencarian Cepat” Ctrl + F dalam Edit Template Blog). 

3. Berdayakan “Pra-Tinjau” sebelum Save / Simpan Template



Otak-atik atau edit HTML seringkali merupakan upaya “coba-coba” yang seringkali juga salah (try and error). Karena itu, sebelum Save atau Simpan Template, selalu berdayakan fasilitas “Pra-Tinjau” atau “Preview” untuk melihat hasil sementara. Jika hasilnya oke, Alhamdulillah... akhiri dengan klik Simpan Template. Tapi jika hasilnya tidak oke, abaikan semua perubahan dengan menutup laman edit HTML tanpa Save. Artinya, semua perubahan yang anda lakukan sebelumnya akan hilang dan tidak tersimpan alias template kembali ke kondisi awal sebelum ada perubahan. 

Hanya saja memang perlu juga diketahui bahwa tidak semua hasil editing HTML akan bisa terlihat di layar Pra-Tinjau. Ada beberapa hal hasil editing HTML hanya bisa dilihat langsung di halaman blog setelah Save Template.



4. Tandai atau catat lokasi (nomor baris) tempat kode sebelum menambah atau menghilangkan kode tertentu.



Terserah caranya bagaimana. Yang penting, perlu ada petunjuk tempat atau lokasi dimana sebuah kode ditambah ataupun dihapus. Sehingga, pada saat nanti diperlukan – misalnya, untuk menghapus kembali kode yang sudah ditambahkan, ataupun sebaliknya memuat kembali kode yang sudah terlanjur dihapus --  maka Anda akan mudah menemukan kembali lokasi yang benar sesuai aslinya. 


5. Copy-kan lebih dulu kode yang akan ditambah maupun yang akan dihapus.



Ini terkait dengan point sebelumnya, yakni agar kita memiliki back-up kode jika nanti kita ingin mengembalikan kode yang sudah dihapus ataupun menghapus kode yang sudah ditambahkan. 


6. Batalkan Perubahan dengan Keluar Edit HTML Tanpa Save



Terkadang setelah melakukan banyak perubahan, menambah kode di sana-sini dan menghapus kode di sini-sana, ternyata hasilnya tidak work. Dari pada semakin jauh “tersesat” dan menguras energi untuk menghapus semua kode yang sudah ditambahkan atau memuat ulang kode yang sudah dihapus, lebih baik batalkan semua perubahan dengan cara keluar dari laman edit HTML tanpa Save. (Jika muncul konfirmasi blogger: Anda masih memiliki perubahan yang belum disimpan dan akan hilang, klik saja Oke).



Tapi ingat, cara ini hanya membatalkan perubahan yang belum di-Save. Untuk perubahan yang terlanjur disimpan, terpaksa Anda harus tangani satu per-satu (menghapus yang sudah ditambahkan, dan memuat ulang yang terlanjur dihapus). Atau... jika tidak ada sama sekali perubahan yang perlu dipertahankan, sekalian saja “Pulihkan” template ke kondisi awal seperti dijelaskan di poin-1. Sebab, membiarkan banyak tambahan kode HTML yang tidak berfungsi pada akhirnya hanya akan membuat template menjadi berat dan mempengaruhi loading blog.


7. Gunakan blog khusus untuk “kelinci” percobaan.



Jangan heran, mereka yang sudah master pun banyak yang membuat blog khusus untuk percobaan. Kenapa kita yang pemula tidak melakukannya? Toh, membuat blog khusus untuk percobaan juga tidak perlu bayar alias gratis sampai puas! Jadi, mumpung gratis, buat blog percobaan untuk “bengkel” HTML Anda, dan silahkan berkreasi sesukanya. Termasuk untuk ganti template, uji coba dulu di blog percobaan. Jika semua elemennya work, baru kemudian pasang di blog andalan.


Oke bro...! Demikian Tips dan Cara Aman Utak-Atik dan Edit HTML Template Blog Bagi Pemula. Dengan “safety” ini mudah-mudahan memacu teman-teman sesama blogger pemula untuk lebih berani mengutak-atik HTML blog, siapa tahu Anda sesungguhnya adalah master HTML masa depan yang ditunggu-tunggu Dunia. Amiinn!


Thanks for reading Cara Aman Utak-Atik dan Edit HTML Template Blog Bagi Pemula

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

4 komentar:

  1. Mengapa ketika edit html di blogger sulit menghapus html tertentu memang platform blogspot benar-benar payah!template juga sedikit

    ReplyDelete
  2. Mengapa ketika edit html di blogger sulit menghapus html tertentu memang platform blogspot benar-benar payah!template juga sedikit

    ReplyDelete
  3. ditempalte blogspot saya tidak ada tulisan save template gan, jadi kalo udah saya masukin kode di di atas head atau dimana pun ga da tulisan save template, jadi balik ke awal lagi, gimana tuih gan solusinya????

    ReplyDelete
  4. ditempalte blogspot saya tidak ada tulisan save template gan, jadi kalo udah saya masukin kode di di atas head atau dimana pun ga da tulisan save template, jadi balik ke awal lagi, gimana tuih gan solusinya????

    ReplyDelete