Home » , , » Beberapa Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Bermasalah atau Error

Beberapa Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Bermasalah atau Error

Beberapa Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Bermasalah atau Error. Anda mengalami masalah dengan keyboard laptop? Tulisan ini akan membahas beberapa masalah yang sering terjadi pada keyboard laptop khususnya, dan keyboard komputer pada umumnya. Dan mencoba menawarkan beberapa pilihan solusi atau jalan ke luar yang bisa Anda dilakukan untuk mengatasinya, tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing.  

Beberapa masalah yang kerap terjadi pada keyboard laptop antara lain:  

  1. Tidak berfungsinya salah satu atau beberapa tombol pada keyboard. Ini bisa berarti, tombol sama sekali tidak bekerja atau tidak berfungsi saat ditekan. Atau, tombol bisa berfungsi HANYA apabila ditekan dengan kuat, atau harus ditekan dengan cara TERTENTU yang tidak lazim sehingga mengganggu kelancaran dalam proses pengetikan.
  2. Salah satu atau beberapa tombol seperti nyangkut dan tertekan otomatis alias mencet sendiri. Yang ini, gejala atau penampakannya bisa bermacam-macam. Mulai dari tombol yang mengetik sendiri karakter tertentu di layar komputer secara terus meneruuuusss dan panjaaaaanggg............ atau kursor yang terus bergerak liar tak terkendali; atau layar pengetikan yang “bergulung” terus ke bawah; atau bahkan yang paling menjengkelkan lagi bisa mengeluarkan suara tertentu terus-menerus yang memekakkan telinga bahkan bisa membuat kita panik.
  3. Masalah lainnya yang juga bisa terjadi adalah salah satu atau beberapa tombol “berobah fungsi” dari yang semestinya. Misalnya, tombol huruf “A” ketika ditekan justru mengeluarkan huruf “S” atau huruf “Q”, dan sebagainya. 
Itulah garis besar beberapa masalah yang umum terjadi pada keyboard laptop. Jika anda mengalaminya, maka ada beberapa solusi jalan keluar yang bisa anda pilih. Tentunya tergantung kondisi masing-masing, baik kondisi kerusakan yang terjadi maupun kondisi dan daya dukung yang tersedia untuk mengatasinya.


Beberapa kemungkinan solusi yang bisa anda pilih adalah:



  1. Mematikan atau men-disable keyboard laptop dan menggantinya dengan keyboard eksternal. (Jika ini pilihan Anda, baca : Tips dan Cara Efektif Mematikan/Disable Keyboard InternalLaptop) 
  2. Mematikan/disable atau menonaktifkan atau mengisolasi hanya tombol tertentu yang bermasalah. Pilihan ini bisa dilakukan apabila tombol yang eror adalah tombol yang tidak banyak digunakan atau tombol yang memiliki substitusi atau tombol dengan fungsi pengganti. Untuk mengetahui dan mematikan/disable “hanya tombol tertentu” yang eror pada keyboard, baca: Cara Diagnosa dan Disable/Mematikan Tombol Tertentu yang Eror pada Keyboard Laptop.
  3. Pilihan lainnya adalah mendiagnosa, membuka, dan memperbaiki sendiri tombol keyboard yang error. Jika anda punya cukup waktu dan menyukai tantangan mengutak-atik barang elektro-komputer, maka Anda boleh mengambil pilihan ini. Caranya, baca : Cara Mendiagnosa dan Memperbaiki Sendiri Tombol Keyboard yang Error. Atau,
  4. Jalan terakhir, yang paling gampang dan tidak merepotkan adalah: membawa dan menyerahkan perbaikan keyboard laptop anda ke tukang service komputer.
Semua pilihan terserah Anda! Sebagian orang mungkin akan memilih memperbaiki sendiri keyboard yang error, meski dengan resiko keyboard bisa jadi bukannya menjadi baik, tapi malah menambah masalah. Sementara yang lain lebih memilih mematikan (disable) keyboard internal dan menggantinya dengan keyboard eksternal.
Dari semua pilihan yang ada, “memperbaiki sendiri keyboard yang error” memiliki resiko paling tinggi. Pelajari baik-baik sebelum memutuskan untuk membongkar dan memperbaiki sendiri keyboard laptop anda.
____________________

Thanks for reading Beberapa Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Bermasalah atau Error

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete