Home » , , » Cara Efektif Mematikan atau Disable Keyboard Laptop yang Error pada Windows 10

Cara Efektif Mematikan atau Disable Keyboard Laptop yang Error pada Windows 10



Cara Efektif Mematikan atau Disable Keyboard yang Error pada Windows 10 --  Ada kalanya kita terpaksa harus mematikan atau men-disable keyboard internal laptop. Terutama apabila kerusakan yang terjadi tidak sebatas “tidak berfungsinya sebagian tombol”, tetapi juga mengganggu dan merecoki pekerjaan kita.

Misalnya, ada tombol yang nyangkut hingga membuat kursor bergerak sendiri ke sana ke mari; atau layar yang bergulung sendiri secara otomatis, meskipun kita tidak menekan apapun. Atau bahkan tidak jarang keyboard yang error menimbulkan suara keras yang memekakkan telinga.

Jika demikian keadaannya, meskipun kita bisa saja menggantinya dengan mencolokkan keyboard eksternal ke laptop, tetap saja tidak akan bisa bekerja karena direcoki terus dengan ulah keyboard internal yang “mengetik” sendiri. Di sinilah kita perlu mematikan atau men-disable keyboard internal, paling tidak sampai nanti kita bisa memperbaikinya kemudian.

Sebenarnya, kalau kita browsing di internet, ada banyak tutorial yang menawarkan cara mematikan atau mendisable keyboard laptop yang error. Tapi pengalaman saya, mematikan keyboard laptop lewat proses Disable sederhana --- ataupun dengan cara Uninstall biasa --- hasilnya tidak pernah efektif. Seperti penyakit kronis, ia akan kambuh kembali dan terus berulah.

Untuk Windows-7, kita sudah membahas ini sebelumnya --- dan tidak jauh berbeda dengan Windows-8 (baca: Tips dan Cara Efektif Mematikan/Disable Keyboard Internal Laptop). Namun untuk Windows-10, karena ada perbedaan sedikit maka tips ini kembali kita share. Kebetulan juga, saya lagi ada keperluan mendisable keyboard laptop untuk artikel lain: Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard Internal Laptop yang SudahDidisable.

Berikut ini cara efektif untuk mematikan atau disable keyboard laptop yang error pada Windows-10:



1). Masuk ke Device Manager dengan cara klik kanan This PC pada Desktop ==> klik Properties ==> lalu klik Device Manager (bisa juga lewat klik kanan pada logo windows10 di pojok kiri bawah ==> lanjutkan klik Device Manager). 

2). Pada jendela Device Manager, kilik tanda panah pada Keyboard untuk memunculkan detail driver keyboardnya.


3). Klik kanan pada driver keyboard (sesuai dengan driver laptop anda), kemudian klik Update Driver Software.


4). klik pada Browse my computer for driver software.


 5). Klik pada tulisan Let me pick a list of device driver on my computer. 
6). Hilangkan tanda centang pada pilihan Show Compatible Hardware dan pilih dalam kotak di bawahnya salah satu driver yang TIDAK SESUAI/INCOMPATIBLE dengan laptop anda. Artinya, apabila laptop anda adalah Acer, jangan install driver Acer, tetapi install driver selain Acer, misalnya Samsung, Fujitsu, atau lainnya. 


7). Jangan lupa, klik juga pilihan model keyboard di kotak sebelah kanan.(lihat kotak warna biru pada gambar di atas).
PERINGATAN: BAIK MEREK MAUPUN MODEL KEYBOARD TIDAK BOLEH SAMA DENGAN KEYBOARD BAWAAN LAPTOP ANDA. Pada contoh ini, saya menginstall driver keyboard merek FUJITSU dengan pilihan model Fujitsu 109 Japanese USB Keyboard (berdeda dengan keyboard asli merek ACER dengan model STANDARD PS/2 KEYBOARD).  

Catatan: Memilih merek keyboard yang berbeda tapi dengan model yang sama, juga akan membuat upaya disable keyboard tidak akan berhasil, karena ia masih tetap kompatible. Karena itu, pilih MEREK manufaktur dan MODEL yang berbeda atau in-compatible alias tidak sesuai.

      8) Segera setelah klik Next akan muncul peringatan bahwa driver yang diinstall tersebut tidak compatible dengan perangkat yang terpasang. Klik saja YES, karena memang kita sengaja menginstall driver yang tidak compatible.


      9). Selesai melakukan installasi, windows 10 akan menampilkan pesan bahwa proses installasi sudah selesai dan akhiri dengan klik Close

      10) Terakhir, bila Windows-10 meminta anda untuk melakukan restart ulang laptop/netbook anda, maka restartlah. Dan jangan lupa, pada saat komputer melakukan restart, silahkan pasang keyboard external dan mouse external karena keyboard maupun touch pad pada notebook/laptop segera tidak akan berfungsi lagi.

Demikian, sekarang Anda sudah dapat menggunakan keyboard dan mouse exsternal dengan ‘aman’ tanpa direcoki lagi dengan ulah keyboard internal laptop yang suka ‘inisiatif’ sendiri, jalan-jalan dan mencet-mencet sendiri tanpa ada perintah.***
__________________

Thanks for reading Cara Efektif Mematikan atau Disable Keyboard Laptop yang Error pada Windows 10

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

6 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. mass kalo di rubah drivernya dia jadi gak bisa masuk ke windows dengan keterangan , Fix Windows 10 Error: Driver Power State Failure

    ReplyDelete
  4. Windows 7 support is over, but there's no doubt, As Windows 7 is the most recommended OS, Which through user can do almost all work without any problem, Where I recommend you to activate your OS being purchased its license code from ODosta Store
    After OS activation, You can easily get windows 10 remote tech support to run all old programs and get windows 10 updates.
    You can upgrade your existing OS to windows 10, But you can face some technical issues, So I recommend you to have clean installation of Windows 7 or Windows 10 and activate it using legal license.

    ReplyDelete
  5. bang misal nya tuh kalo dimatiin mau di idupin lagi bisa kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan... baca dan ikuti tutorial lain dalam blog ini "Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard Internal Laptop yang Sudah Di-Disable."

      Delete