Home » , , » Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard Internal Laptop yang Sudah Di-Disable

Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard Internal Laptop yang Sudah Di-Disable



Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard Internal Laptop yang Sudah Di-Disable --  Luar biasa, artikel sebelumnya membahas “Tips danCara Efektif Mematikan/Disable Keyboard Internal Laptop” ternyata mendapat sambutan ramai dari pembaca. Umumnya menyatakan puas karena berhasil mengatasi ulah keyboard internal laptop yang terus mengganggu.

Namun di luar itu, di kolom komentar tidak sedikit pula muncul pertanyaan: bagaimana mengembalikan (mengaktifkan kembali) keyboard internal laptop yang sudah didisable tadi? Masalah ini memang luput dibahas dalam tips sebelumnya. Padahal, jangankan kita yang awam komputer, tukang service komputer pun saya pernah ketemu yang bingung mengaktifkan kembali keyboard laptop yang sudah didisable dengan cara di atas.

Tips kita kali ini khusus di-share untuk menjawab pertanyaan rekan-rekan di atas. Namun, karena laptop saya sekarang sudah menggunakan Windows-10, maka jadilah tips ini merujuk pada Windows-10. Tapi InsyaAllah intinya tidak akan jauh berbeda, dan yakin juga bisa work untuk Windows7 maupun Windows8 (hanya dengan sedikit penyesuaian).

Langsung saja, bagi rekan-rekan yang ingin mengaktifkan kembali keyboard internal laptop yang sudah didisable, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:





    1. Masuk ke Device Manager dengan cara klik kanan pada This PC ==> pilih Properties ==> Device Manager (atau klik kanan logo windows10 di pojok kiri bawah ==> lanjutkan klik Device Manager).





    2. Setelah masuk di jendela Device Manager, pada windows 10 akan tampak langsung driver keyboard (dan driver mouse) yang tidak kompatible (ditandai dengan ‘tanda seru’ di dalam segitiga warna kuning).



    3. Silahkan klik kanan pada driver keyboard yang tidak kompatible tersebut (lingkaran warna merah paling atas) ==> lanjutkan klik Update driver software seperti pada gambar di bawah:




    4. Setelah muncul kotak berikut, klik pada Brows my computer for driver software.





    5. Pada jendela berikutnya klik tulisan let me pick from a list of device drivers on my computer.


    6. Selanjutnya, akan terbuka jendela pilihan driver dan model keyboard. Jika sebelumnya saat akan mematikan keyboard laptop kita harus menghilangkan tanda centang pada show compatible hardware, maka di sini kita justru harus memberi tanda centang pada kotak yang tersedia. Kalau tanda centangnya sudah muncul sendiri, biarkan saja dan lanjut klik model keyboard yang sudah tersedia dalam kotak di bawahnya. Klik hingga berubah warna menjadi warna biru seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu akhiri dengan klik Next.



    7. Tunggu beberapa saat hingga proses installing selesai. Jika sudah, akan muncul pemberitahuan bahwa driver keyboard anda sudah berhasil di-update. Akhiri dengan klik close.




    Sampai di sini anda sudah selesai mengembalikan atau memfungsikan kembali keyboard internal bawaan laptop anda. Ini seharusnya juga otomatis mengaktifkan kembali touch pad atau mouse internal laptop.

    Tapi, jika touch pad atau mouse internal laptop belum juga aktif (biasanya pada windows 10), anda tidak perlu khawatir. Aktifkan mouse internal laptop dengan melakukan langkah-langkah yang mirip ketika mengaktifkan kembali keyboard internal, sebagai berikut:



    1. Masuk ke Divice Manager dengan cara klik kanan pada This PC ==> pilih Properties ==> Device Manager (atau klik kanan logo windows10 di pojok kiri bawah ==> pilih Device Manager).



    2. Klik Mice and Other Pointing Devices, dan lanjutkan klik kanan pada compatible mouse bertanda seru pada segitiga warna orange (kotak warna biru dalam gambar di bawah); dan lanjutkan klik Update Driver Software.






    3. Pada jendela berikutnya, klik Brows My Computer for Driver Software.



    4. Lanjutkan klik tulisan let me pick from a list of device drivers on my computer





    Beri tanda centang pada Show Compatible Hardware. Namun jika tanda centang sudah muncul dengan sendirinya, biarkan saja dan lanjut klik model compatible mouse yang ada di bawahnya (klik hingga tersorot dan berubah warna menjadi biru). Jika sudah, lanjutkan klik Next. Lihat gambar di bawah ini:



    Selanjutnya tunggu hingga proses installing selesai. Jika muncul pemberitahuan bahwa proses installing bermasalah atau error seperti gambar di bawah, abaikan saja dan klik Close.


    Selesai, dan akhiri dengan me-Restart laptop Anda. InsyaAllah, keyboard dan mouse internal bawaan laptop Anda sudah aktif kembali.





    Catatan: Mungkin terdapat perbedaan antara masing-masing versi Windows yang berbeda, namun esensinya tetap sama. Silahkan dicoba-coba saja, dan jangan takut bereksperimen. Selamat mencoba!
    ___________________

    Thanks for reading Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard Internal Laptop yang Sudah Di-Disable

    « Previous
    « Prev Post
    Next »
    Next Post »

    1 komentar:

    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete