Home » , » Cara Mudah Menambah Kolom dan Baris dalam Editing Tabel Ms Word

Cara Mudah Menambah Kolom dan Baris dalam Editing Tabel Ms Word



Cara Mudah Menambah Kolom dan Baris dalam Editing Tabel Ms Word -- Dalam proses membuat tabel, adakalanya kita butuh menambahkan kolom baru dalam tabel yang sedang dikerjakan. Dan itu bisa macam-macam! Misalnya, kita mungkin tiba-tiba merasa perlu menambah kolom baru di bagian akhir; atau hanya perlu menyisipkan sub-kolom tambahan di bagian tengah; atau mungkin juga ingin menambah dan menyisipkan beberapa kolom mandiri di bagian tengah dan bagian awal.

Begitu juga dengan baris atau rows. Karena satu dan lain hal, terkadang kita perlu menambah baris baru atau sub-baris di awal, di tengah, ataupun di akhir tabel.

Wajar. Karena saat awal membuat tabel kita tidak selalu akurat merencanakan jumlah kolom dan jumlah baris yang kita perlukan. Ide untuk menambah atau menyisipkan kolom dan baris ada kalanya baru muncul ketika tabel sudah terlanjur dibuat, bahkan mungkin sudah selesai dibuat.

Untungnya, Microsoft Word sudah menyediakan fitur yang simple dan sangat mudah untuk mengedit tabel, baik mengedit kolom maupun baris sesuai keperluan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, untuk menambah kolom atau baris, tentu Anda harus punya tabel-nya lebih dulu. (kalau belum, mau nambah dimana? hehe...)

2. Untuk memunculkan tabel tools atau fitur editing tabel, letakkan kursor di dalam area tabel atau klik sembarang masih dalam area tabel.


3. Pada tabel tools yang muncul di deretan menu bar (paling atas), klik Layout.

4. Perhatikan fitur edit “Rows & Columns” yang muncul seperti gambar di bawah. Ada 5 pilihan yang tersedia:


  • Delete ==> Digunakan untuk menghapus satu atau beberapa kolom dan baris.
  • Insert Above ==> Digunakan untuk menambah satu baris (row) di sebelah atas (maksudnya di atas posisi kursor).
  • Insert Below ==> Digunakan untuk menambah satu baris (row) di sebelah bawah (maksudnya setelah atau di bawah posisi kursor).
  • Insert Left ==> Digunakan untuk menambah satu kolom di kiri (maksudnya di sebelah kiri dari letak kursor).
  • Insert Right ==> Digunakan untuk menambah satu kolom di kanan (sebelah kanan dari posisi kursor).
5. Untuk memulai menambahkan kolom atau baris, jangan lupa letakkan kursor di sebelah kolom atau baris yang ingin ditambahkan.



Contoh, pada tabel di bawah, jika ingin menambahkan kolom di antara Kolom-A dengan Kolom-B, letakkan kursor di Kolom-A dan klik Insert Right (atau bisa juga, letakkan kursor di Kolom-B dan klik Insert Left).

6. Untuk baris juga sama, jika ingin menambahkan baris di bawah baris ketiga misalnya, letakkan kursor di Baris ke-3 dan klik Insert Below. Dan jika ingin menambahkan baris di atas baris ke-3, letakkan kursor di baris ke-3 dan klik Insert Above.

7. Jika Anda ingin membuat satu kolom dengan beberapa sub-kolom di bawahnya, blok atau sorot lebih dulu kolom yang bersangkutan, lalu klik Layout dan pilih Split Cells. Silahkan isi Number of Columns pada kotak isian yang muncul sesuai dengan jumlah kolom yang diinginkan (lihat gambar di bawah). 


8. Jika Anda ingin memecah satu baris menjadi beberapa sub-baris, silahkan blok baris yang bersangkutan lalu klik Layout dan pilih Split Cells. Isi Number of Rows pada kotak isian dengan jumlah baris yang diinginkan. 

Gambar di bawah ini adalah contoh Kolom-B dipecah menjadi tiga sub-kolom dan baris header pada Kolom-B dipecah menjadi dua sub-baris (masing-masing untuk judul kolom dan judul sub-kolom).

__________________


Thanks for reading Cara Mudah Menambah Kolom dan Baris dalam Editing Tabel Ms Word

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete