Home » , » Cara Terbaru Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster agar Cepat Terindeks dan Muncul di Pencarian Google

Cara Terbaru Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster agar Cepat Terindeks dan Muncul di Pencarian Google




Bagaimana caranya agar artikel yang diposting dalam blog bisa muncul di halaman pertama pencarian google?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering muncul di kolom komentar di blog ini. Biasanya diajukan teman-teman blogger yang -- katanya -- sudah capek-capek menulis tapi ketika dicari tidak satu pun yang muncul di pencarian google. Akibatnya, tidak sedikit yang prustasi dan berhenti menulis. Sayang sekali!

Mayoritas orang saat ini memang menggunakan mesin pencari untuk menemukan artikel yang dibutuhkan. Dan Google Search Engine adalah salah satu mesin pencari web terbesar yang ada saat ini.

Maka, muncul tidak-nya artikel di halaman utama pencarian google sangat menentukan traffict atau jumlah pengunjung ke sebuah blog.

Karena itulah orang berlomba-lomba -- dengan berbagai cara dan tehnik -- agar tulisannya muncul di halaman utama pencarian google.

Ada banyak cara yang perlu dilakukan agar blog atau situs bisa populer di mesin pencari web. Salah satunya -- dan ini termasuk yang paling penting -- adalah dengan mendaftarkan blog atau situs ke Google Webmaster Tool.
Google Webmaster Tool adalah tool layanan gratis dari google untuk membantu mempercepat terindeksnya sebuah halaman web ke dalam basis data milik google, agar kemudian mesin pencari google dapat lebih cepat mengenali dan mencarinya.
Tidak hanya itu! Google Webmaster Tool juga menyediakan banyak data dan informasi tentang blog atau situs yang didaftarkan, sehingga mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool sangat berguna untuk memaksimalkan kinerja blog ke depan.

Tapi tulisan ini tidak akan membahas itu, dan sekarang kita fokus dulu cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool agar cepat terindeks dan mudah dikenali mesin pencari google.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:



  1. Pertama-tama, silahkan menuju laman pendaftaran Google Webmaster Tool, kemudian login dengan menekan SIGN IN (gunakan akun dan password google Anda)
  2. Setelah masuk ke homepage google webmaster, masukkan alamat url situs atau blog yang akan didaftarkan pada kotak yang tersedia (lihat no.1 pada gambar di bawah), dan lanjutkan dengan tekan ADD A PROPERTY (no.2 pada gambar) :
  3. Di halaman berikutnya, pilih opsi Alternate Methods (tanda panah no.1 pada gambar di bawah), lanjutkan pilih Tag HTML (tanda panah no.2), dan copy code yang muncul di dalam kotak (tanda panah no.3).
  4. Langkah selanjutnya, dengan tetap membiarkan halaman google webmaster terbuka, dan sekarang silahkan meluncur ke halaman Edit HTML blog atau situs Anda. (caranya: masuk ke dashbor blog ==> pilih blog/situs yg akan didaftarkan ==> klik menu Template ==> klik Edit HTML)
  5. Pada halaman Edit HTML, letakkan kode verifikasi google webmaster tool yang sudah dicopy tadi di atas kode </head> (untuk mencari kode </head>, letakkan kursor di sembarang tempat di dalam halaman edit HTML, tekan Ctrl + F, ketikkan kode </head> di dalam kotak pencarian yang muncul di sudut kanan atas, dan tekan Enter. Kode yang dicari akan disorot dengan warna kuning).
  6. Selesai meletakkan kode verifikasi di atas kode </head>, simpan dengan cara klik : Simpan Template.
  7. Sekarang tinggalkan halaman Edit HTML dan kembali ke halaman google webmaster tool. Klik VERIFY dalam kotak berwarna merah di bagian bawah (masih di halaman kode verifikasi google webmaster tool seperti gambar di bawah).
  8. Jika semuanya berjalan lancar, akan segera muncul pemberitahuan: Selamat! Blog anda telah berhasil diverifikasi.
Sampai tahap ini Anda sudah berhasil mendaftarkan blog atau situs Anda ke google webmaster tool. Tugas selanjutnya adalah mensubmit peta situs atau sitemap ke google webmaster. Ikuti langkah berikutnya:
  1. Masuk ke halaman dashbor google webmaster tool dengan cara klik Continue atau Lanjutkan seperti pada gambar terakhir di atas (di bawah Congretulations!).
  2. Di halaman dashbor, pilih blog atau situs yang akan disubmit atau didaftarkan. Lanjut pilih menu Crawl pada sisi kiri, dan klik sub menu Sitemaps atau Peta Situs di bawahnya. Kemudian tekan ADD/TEST SITEMAP pada kotak berwarna merah di pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini.
  3. Pada kotak isian yang muncul, silahkan masukkan sitemap blog atau situs Anda. Khusus untuk blog dengan platform blogspot, Anda tinggal menambahkan sitemap.xml di belakang url blog yang sudah ada (lihat gambar di bawah), dan akhiri dengan tekan Submit Sitemap.
  4. Lihat hasilnya dengan mengklik Refresh the Page.
Jika semua langkah itu selesai, berarti Anda sudah berhasil mendaftarkan blog dan peta situs ke google webmaster tool.

Selebihnya, Anda hanya perlu mensubmit secara rutin url artikel setiap kali Anda selesai memposting atau mempublikasi artikel baru.

Dengan mensubmit url masing-masing artikel, diharapkan setiap posting yang dipublikasikan akan terindeks dengan cepat oleh google, sehingga peluang untuk tampil di halaman satu pencarian google akan lebih cepat.

Untuk tugas yang terakhir ini, baca 3 Langkah Cepat Submit Artikel agar Muncul di Halaman 1 Pencarian Google dan Yahoo.

Namun jika Anda belum mendaftarkan blog atau situs Anda ke Bing Webmaster Tool, search engine terbesar kedua setelah google, silahkan ikuti langkah-langkahnya Cara Daftar ke Bing Webmaster Agar Blog Anda Populer di Mesin Pencari.

__________________

Thanks for reading Cara Terbaru Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster agar Cepat Terindeks dan Muncul di Pencarian Google

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar:

  1. biasanya berpa hari gan nunggu dimasukinnya ke google

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya, daftar hari ini besok sudah terindeks... tapi jangan hanya daftarkan blognya, juga harus rutin submit artikelnya. (maksudnya, setiap buat artikel baru langsung submit ke google webmaster supaya artikelnya cepat terindeks dan dikenali mesin pencari).

      Delete