Home » , » 6 Langkah Mudah Membuat Kop Amplop Surat di Word

6 Langkah Mudah Membuat Kop Amplop Surat di Word


Zaman sekarang, banyak orang tidak lagi membuat kop surat dan kop amplop surat dengan menggunakan jasa percetakan. Tapi membuat sendiri dengan menggunakan komputer dan printer di kantor atau di rumah.

Tutorial kali ini akan membahas bagaimana caranya membuat kop amplop surat praktis dengan menggunakan Ms. Word, dan mencetaknya langsung pada amplop kosong yang banyak dijual bebas di toko-toko buku dan perlengkapan kantor.

Meski menggunakan Ms. Word seri Windows 8, tutorial ini mudah-mudahan juga bisa diaplikasikan pada Windows 7 dan seri Windows lainnya, karena prinsifnya memang tidak jauh berbeda dan hanya perlu sedikit penyesuaian.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu komputer atau laptop, mesin printer, dan amplop kosong atau polos. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Ms. Word pada komputer Anda, klik menu MAILINGS ---> Envelopes
 
 
2.
Tulis alamat tujuan surat Anda pada kotak isian Delivery Address dan alamat balasan surat pada kotak isian Return Address.


3. Kemudian, klik Options di bagian bawah, dan pilih ukuran amplop (di sini kita pilih ukuran standar DL 110 x 220 mm), dan klik OK.


4. Selanjutnya klik Add to Document hingga muncul tampilan seperti ini:


5. Sekarang tinggal membuat atau mengcopy-paste kop ke dalam amplop. Caranya, double klik atau klik dua kali pada bagian paling atas amplop untuk memunculkan Header section dan Footer section seperti gambar di bawah:


Anda juga bisa menambahkan tulisan atau logo di bagian footer jika diperlukan.



6. Buat atau copy paste kop amplop yang diinginkan, dan lakukan pengaturan penempatan kop dengan menggunakan ruler atas dan samping sesuai keperluan (tanda panah pada gambar di bawah). Contoh di sini kita buat kop sederhana seperti ini.



Catatan: Gunakan double klik untuk berpindah dari satu mode ke mode lainnya. Maksudnya, klik dua kali atau double klik pada bagian-bagian amplop yang ingin diedit. Misalnya, jika Anda ingin mengedit kop amplop, klik dua kali di bagian header; dan jika ingin berpindah mengedit alamat tujuan surat, double klik pada alamat tujuan surat, demikian seterusnya.

7. Sebelum diprint, lihat lebih dahulu penampakannya dengan klik menu FILE ---> Print. Jika ada hal-hal yang belum sesuai, kembali ke halaman edit dan lakukan editing seperlunya.

Ada kalanya penampakan di halaman edit semua terlihat sudah sempurna, namun saat diprint ternyata ada bagian logo atau tulisan yang hilang, tumpang-tindih, atau tidak sesuai keinginan. Tidak perlu panik, silahkan kembali ke halaman edit dan geser-geser penempatan logo atau tulisan sampai sesuai dengan keinginan. Khusus untuk logo, jika ingin penempatan logo bebas tanpa “mengganggu” atau “menggeser” tulisan di sampingnya, double klik pada logo anda ---> klik menu Wrap Text (di bar menu sebelah atas) ---> dan pilih opsi In Front of Text (atau silahkan bereksperimen dengan opsi-opsi lainnya sampai menemukan opsi yang sesuai).

8. Jika semuanya sudah OK, silahkan diprint sekarang. Namun jangan lupa, masukkan lebih dulu amplop kosong ke dalam mesin printer. Cara penempatan amplop bisa saja berbeda sesuai dengan jenis printer yang digunakan. Lakukan juga pengaturan printer sesuai kebutuhan seperti print warna atau hitam putih, volume copy, jenis printer, dan sebagainya.

9. Selesai, dan lihat seperti apa kop amplop surat buatan Anda. Mudah-mudahan tidak kalah dengan kop amplop surat buatan mesin percetakan.

Demikian tutorial cara mudah dan praktis membuat dan mencetak kop amplop surat dengan menggunakan Ms. Word. Jika ada hal-hal yang kurang jelas, silahkan ditanyakan di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung!

_________________

Thanks for reading 6 Langkah Mudah Membuat Kop Amplop Surat di Word

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment