Home » , , » Cara Mudah Edit File PDF, Gratis Tanpa Aplikasi Khusus PDF Editor

Cara Mudah Edit File PDF, Gratis Tanpa Aplikasi Khusus PDF Editor


Apakah Anda kesulitan mengedit file berformat PDF? Tulisan ini akan memberikan solusi mudah dan gratis bagi Anda untuk mengedit dokumen PDF, tanpa harus menggunakan aplikasi khusus PDF editor yang sulit didapat dan umumnya berbayar alias tidak gratis.

PDF atau Portable Document Format adalah satu jenis format file atau dokumen yang bersifat fixed-layout (tetap dan tidak berubah-ubah). Format ini sangat populer digunakan dalam membuat e-book atau dokumen-dokumen lainnya yang memerlukan kestabilan tinggi.

Kelebihan PDF terletak pada layoutnya yang bersifat stabil. Yakni, tampilan atau tata letak dokumen tidak akan berubah-ubah. Sehingga tidak perlu khawatir layout dan susunan dokumen seperti tabel, diagram, dan sebagainya akan berantakan.

Tapi, selain menjadi kelebihan, justru di sini pula kelemahan dokumen PDF di sisi yang lain. Sifatnya yang fixed-layout, membuatnya tidak mudah untuk diedit, dirubah, atau dikoreksi jika terdapat kesalahan.

Biasanya, untuk mengedit isi dokumen PDF -- menambah, menghapus, dan memperbaiki kesalahan teks, atau menyisipkan gambar dan lain sebagainya -- diperlukan aplikasi khusus yang tidak selalu mudah didapat dan diaplikasikan.

Untungnya, sekarang ini sudah ada beberapa situs -- gratis maupun berbayar -- yang bisa digunakan untuk keperluan editing file-file PDF. Salah satunya adalah DocHub.

DocHub adalah salah satu situs penyedia tool editor online gratis untuk file-file PDF.

Dengan menggunakan DocHub, kita dapat dengan mudah mengedit dokumen-dokumen berformat PDF, tanpa harus mendownload atau menggunakan aplikasi editor khusus PDF.


Bahkan anda dapat menyisipkan gambar atau tanda tangan ke dalam dokumen PDF yang sedang diedit.

Ini adalah solusi mudah bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk mengedit file-file berekstensi PDF. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:



1. Pertama-tama, kunjungi situs https://dochub.com/

2. Untuk masuk dan menggunakan utilitas DocHub, ada 3 pilihan cara sign-up atau login, yakni : dengan menggunakan akun Google, akun Dropbox, atau sign-in menggunakan alamat email. Terserah mana yang paling mudah bagi anda.




3. Di sini kita coba masuk dengan menggunakan alamat email. Klik sign in with an email address (garis bawah berwarna merah pada gambar di atas). Segera akan muncul halaman login seperti di bawah ini:




4. Pilih Sign-in untuk masuk (bagi yang sudah memiliki akun), atau Sign-up untuk membuat akun baru (yang belum memiliki akun DocHub). Lanjutkan dengan tulis alamat email dan password, lalu klik Sign-up.




5. Sebelum melanjutkan, anda akan diminta mengkonfirmasi alamat email Anda. (Buka email anda di tab lain, dan klik tautan konfirmasi yang dikirim oleh DocHub).



6. Jika akun email sudah berhasil dikorfirmasi, anda akan dibawa kembali ke halaman Sign-in: isi kembali alamat email dan password, lalu klik Sign-in.


7. Di dashbor DocHub yang terbuka, klik New ---> Import new document.




8. Cari dan impor file PDF yang akan diedit (bisa dari Computer, Dropbox, Google Drive, OneDrive, atau dari alamat URL).


9. Jika file PDF sudah berhasil diimpor ke halaman edit DocHub, sekarang waktunya untuk mengedit. Gunakan tool-tool yang tersedia:


  • Text tool = untuk mengetik teks
  • Draw tool = untuk menggambar dengan pensil
  • Highlight tool = untuk menyorot huruf atau bidang
  • Whiteout tool = untuk menutup huruf atau bidang (tool ini juga berfungsi untuk menghapus huruf-huruf yang ingin diganti atau diedit)
  • Stamp tool = untuk menyisipkan cap, stempel, atau image
  • Insert image = untuk menyisipkan gambar pada halaman PDF
  • Sign tool = untuk membuat atau menyisipkan tanda tangan
  • Font Size = untuk mengatur ukuran huruf
  • Font family = untuk memilih jenis huruf
  • Text color = untuk memilih warna
  • Line spacing = untuk mengatur spasi
  • Align text left = untuk mengatur teks rata kiri
  • Align text center = untuk mengatur teks rata tengah
  • Align text right = untuk mengatur teks rata kanan
  • Bold = untuk huruf tebal
  • Italic = untuk huruf miring

10. Contoh, di sini kita ingin mengganti nomor surat pada dokumen PDF. Aslinya tertulis Nomor : PSLH-UGM /023/C/02/01, dan akan diganti menjadi Nomor: PSLH-UGM/500/F/12/16.



Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Klik Whiteout tool ---> kemudian letakkan kursor berbentuk tanda silang di awal teks yang akan diedit ----> lanjutkan klik kiri pada mouse, tahan, dan geser hingga membentuk kotak yang menutupi seluruh bidang teks yang ingin diedit. Lalu, lepaskan klik hingga muncul penampakan seperti ini. 
  2. Lanjutkan dengan klik Text tool atau tool pengedit teks pada tool bar.
  3. Tempatkan kursor pada bidang teks yang sudah dihapus ----> klik kiri pada mouse, tahan, dan geser hingga membentuk kotak tempat penulisan teks ----> lalu, lepaskan klik hingga muncul penampakan seperti ini.
  4. Sekarang ketik teks pengganti teks yang sudah dihapus. Lakukan penyesuaian jenis, ukuran, dan warna huruf sesuai keperluan.
  5. Anda juga bisa menggeser, mengatur, atau menyesuaikan penempatan teks yang baru dengan cara menggeser kotak Text tool ke posisi yang diinginkan.Sebelum menggeser, klik lebih dulu header Text tool (berwarna biru), lalu geser dengan menggunakan mouse atau tanda panah pada keyboard.
  6. Jika sudah selesai, hilangkan tanda kotak Text tool dengan cara meng-klik-kan mouse di tempat lain (di luar bidang yang diedit).
  7. Gunakan cara yang sama untuk melanjutkan pengeditan berikutnya.
  8. Jika sudah, terakhir simpan dokumen PDF hasil edit dengan mengklik FILE (lambang garis tiga) di sebelah kanan atas ---> pilih Download ---> pilih Save to G Drive. (Atau pilih Save to G Drive As... jika ingin menyimpan hasil edit pada file baru, tanpa menghilangkan dokumen pdf yang asli).
Thanks for reading Cara Mudah Edit File PDF, Gratis Tanpa Aplikasi Khusus PDF Editor

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment