Home » , , » Cara Paling Mudah Mengubah Video Menjadi Foto, Tanpa Download Video Converter

Cara Paling Mudah Mengubah Video Menjadi Foto, Tanpa Download Video Converter


Tutorial kali ini adalah cara paling mudah mengubah atau mengkonversi gambar video menjadi fhoto. Tanpa harus mendownload aplikasi khusus video converter.

Catat: “TANPA HARUS MENDOWNLOAD APLIKASI KHUSUS VIDEO CONVERTER !”

Dan yang pasti lagi, gak pake ribet! Semua orang pasti bisa!

Hanya butuh langkah sederhana. Dalam hitungan detik, Anda sudah bisa memiliki fhoto yang Anda inginkan.

Tapi sebelumnya, mengapa sich kita perlu mengubah gambar video menjadi fhoto?

Ada banyak alasan.

Anda mungkin ingin membuat label atau cover video Anda dengan mengambil cuplikan gambar terbaik dari video yang Anda punya.

Atau, Anda ingin memposting cuplikan paling menarik dari gambar video milik Anda namun dalam bentuk fhoto ke media social atau website.

Atau ingin membuat poster dari cuplikan adegan film yang Anda suka?

Atau mungkin Anda tertarik membuat parade atau rangkaian foto dari sebuah objek bergerak untuk menggambarkan lebih detil pergerakannya secara detik per detik seperti gambar berikut ini:



Atau, jika Anda wartawan dari dua jenis media yang berbeda, media elektronik dan media cetak. Di lapangan Anda tidak perlu repot untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus, mengambil gambar video untuk konsumsi televisi, dan buru-buru mengambil gambar fhoto untuk dikirim ke redaksi majalah atau koran.

Atau…. ini yang paling penting, kalau anda tidak ingin kehilangan momen dalam mengabadikan gambar sebuah objek bergerak, solusinya lebih baik Anda fokus mengambil stok gambar video sebanyak-banyaknya (roll).

Nanti, kalau diperlukan, setiap potongan gambar video yang Anda inginkan, bisa dirubah dengan mudah ke dalam bentuk fhoto (jpg, PNG, dsb).

Ini cerita benar. Saya pernah ketemu rombongan turis yang suka selfi. Lima orang gadis remaja. Saya lihat, mereka ingin selfi dengan aksi lompat bareng. Tapi, berkali-kali melompat, berkali-kali pula gagal diabadikan dengan baik. Jepretan kamera fhoto tidak mampu mengeksekusi momen dengan tepat.

Bahkan photograper profesional juga tidak jarang mengalami ini. Apakah itu dalam liputan olahraga sepakbola, tinju, loncat indah, atau aksi-aksi menarik dari objek-objek bergerak lainnya.

Banyak momen-momen spektakuler menjadi hilang tak berbekas, karena tak berhasil diabadikan dengan jepretan kamera fhoto.

Itulah beberapa dari seribu satu alasan, mengapa kita perlu tutorial mengubah gambar video menjadi fhoto.

Dan ketika searching di google, kebanyakan tutorial mengubah gambar video ke dalam bentuk fhoto, selalu menggunakan bantuan aplikasi khusus converter video. Baik yang gratis maupun berbayar. Yang online maupun offline. Misalnya, VLC Media Player atau free video to jpg converter atau yang lainnya.

Tutorial kita kali ini menawarkan cara yang jauh lebih sederhana. Tanpa download aplikasi khusus converter video. Dan tanpa langkah-langkah yang ribet.



Ikuti cara sederhana berikut ini:

1.

Buka dan putar video Anda. Terserah, menggunakan pemutar video apa saja. (Sumber video bisa dari mana saja: dari YouTube atau dari video koleksi Anda).

2.

Pause tepat pada bagian gambar yang akan diconvert menjadi fhoto.


3.

Lalu, tekan secara bersamaan tombol Alt + PrintScrn pada keyboard Anda

4.

Buka Paint --  aplikasi pengolah gambar sederhana bawaan Windows. (Start ---> All Programs ---> Accessories ---> Paint)


5.

Paste-kan atau klik tombol Paste pada halaman Paint. (Semua gambar yang ada di layar computer akan tercopy ke halaman paint seperti ini)



6.

Setelah gambar statis video berhasil “diimport” ke halaman Paint, sekarang potong hanya pada bagian gambar yang diperlukan dengan cara: (1) tekan tombol Select, (2) lanjut letakkan kursor di salah satu sudut gambar dan tarik hingga garis putus-putus melingkupi seluruh bagian gambar yang diinginkan, dan (3) potong dengan menekan tombol Crop. (Lihat gambar berikut)




Catatan: Anda bisa menekan tombol Undo dan melakukan proses seleksi + cropping gambar berulang-ulang sampai mendapatkan potongan gambar yang sesuai.

7.

Jika proses cropping berhasil, dan tampak potongan gambar di halaman paint sudah sesuai dengan keinginan, sekarang silahkan Simpan. Namun sebelum Save, pada kotak Save as type anda boleh memilih gambar disimpan dalam format apa (TIFF, JPEG, PNG, GIF, Bitmap, atau yang lainnya). Anda juga bisa memilih forlder tempat anda menyimpan fhoto (secara default, fhoto akan disimpan di forder yang terakhir anda gunakan untuk menyimpan fhoto).




8.

Oh ya... Anda juga dapat mengedit fhoto anda dengan menggunakan fitur-fitur edit Paint. Seperti menambahkan teks pada photo, garis, menyisipkan gambar lain, simbol, atau bentuk-bentuk yang disediakan oleh Paint. (Lebih jauh tentang fitur-fitur dan fungsi edit Paint silahkan baca tulisan tentang aplikasi Paint dalam blog ini).

9.

Selesai. Lihat photo anda di folder penyimpanan.

Demikian cara yang paling mudah, cepat, dan gratis dalam mengubah atau mengkonversi gambar video menjadi gambar foto. Lebih cepat dan lebih mudah dari semua cara yang ada. Dalam hitungan saya, hanya butuh beberapa detik untuk melakukannya. Tidak sampai satu menit!

Silahkan dicoba! Dan jangan lupa sebarkan artikel ini untuk diketahui teman dan sahabat!

____________________

Thanks for reading Cara Paling Mudah Mengubah Video Menjadi Foto, Tanpa Download Video Converter

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment