Home » , , » Mengedit Photo dan Membuat Desain Grafis Online dengan Canva, Tanpa Download Aplikasi

Mengedit Photo dan Membuat Desain Grafis Online dengan Canva, Tanpa Download Aplikasi



Anda ingin mengedit photo? Atau membuat desain grafis untuk komunikasi fisual yang efektif lewat media sosial? Atau sekedar membuat poster atau meme lucu untuk membuat teman-teman facebook Anda tertawa ngakak?

Tak usah khawatir! Perkembangan aplikasi dan teknologi informasi membuat semua urusan edit gambar dan desain grafis menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs layanan desain grafis, gratis dari Canva.

Canva sejatinya bukan hanya situs editing photo. Tapi lebih dari itu. Melihat fitur-fiturnya, Canva lebih tepat disebut sebagai situs desain grafis online. Beragam karya desain grafis untuk komunikasi fisual bisa dihasilkan menggunakan Canva. Mulai dari desain yang sederhana hingga desain grafis yang profesional. Dan editing photo hanya bahagian kecil dari padanya.



Untuk menggunakan layanan desain grafis Canva, Anda hanya perlu mengunjungi situs resminya https://www.canva.com/ atau klik di SINI. Ada 3 pilihan sign-up, melalui akun  Facebook, menggunakan akun  Google , atau sign-up dengan menggunakan  Email.


1. Memilih Model atau Format Desain


Di halaman muka Canva, pertama-tama silahkan pilih desain yang diinginkan. Beberapa desain terpopuler ditampilkan di bagian atas. Klik More (untuk Canva berbahasa Inggris) atau Lainnya (untuk Canva berbahasa Indonesia) jika ingin melihat model-model desain lainnya.

Catatan: Canva tersedia dalam bahasa Indonesia bagi yang tidak familiar dengan bahasa Inggris.


Ada 7 kategori desain dengan 64 pilihan model. Mulai dari kategori desain media social, desain dokumen, desain blogging & eBook, desain materi pemasaran, desain Tajuk Email, desain Acara, dan desain Iklan.

Sebagai contoh, kategori desain kiriman media social, ada 7 pilihan format desain yang tersedia. Mulai dari kiriman twitter, media social, grafis pinterest, kiriman facebook, aplikasi facebook, grafis tumblr, dan format desain untuk kiriman istagram.

Ketika Anda mengklik salah satu format desain, akan muncul halaman desain canva seperti ini (saya memilih desain kiriman facebook):


Paling kiri adalah menu vertical Canva.

Antara lain menu Layout (untuk memilih format desain), menu Element ( untuk menambahkan macam-macam elemen ke dalam desain), menu Text (untuk menambahkan dan mengedit teks dalam desain), menu BkGround atau Latar Belakang (untuk mengedit latar belakang desain yang diinginkan), dan menu Unggahan atau Uploads (untuk mengunggah atau mengupload gambar dari desktop atau dari tempat lainnya).

Bagian tengah memuat Sub-Menu serta detil pilihan yang tersedia pada setiap Menu/Sub-Menu yang diklik. Misalnya, ketika kita mengklik Menu desain atau Layout, akan muncul deretan pilihan format layout yang disediakan oleh Canva. Silahkan dipilih layout yang sesuai (scroll terus ke bawah untuk menjelajahi dan melihat pilihan layout lainnya).

Adapun halaman kosong di sebelah kanan adalah halaman pembuatan desain atau jendela edit. Setiap kali Anda memilih atau mengklik salah satu format layout tertentu di sampingnya, ia akan langsung muncul di halaman editing desain.



Tugas Anda kemudian adalah mengedit dan menyesuaikan isi desain sesuai kebutuhan.

Misalnya, Anda bisa mengganti teks bawaan Canva dengan teks yang diinginkan, mengganti photo bawaan canva dengan photo sendiri (khusus desain yang menggunakan photo), mengubah size, font, dan warna huruf, menambahkan element-element yang diperlukan dari menu element yang disediakan Canva, atau menambahkan teks baru sesuai keperluan.

Prosesnya mudah. Tapi sebelumnya, perhatikan dua gambar di bawah ini. Ini adalah sekedar contoh. Gambar-1 merupakan salah satu format media sosial gratis milik Canva, dan gambar-2, hasil setelah proses edit sederhana (yakni mengganti gambar dengan gambar lain, mengubah size serta jenis huruf, dan mengganti konten teks).

Gambar-1

Gambar-2




a. Mengganti Gambar/Photo

Setelah model atau format desain pilihan Anda muncul di halaman edit, untuk mengganti gambar bawaan canva, silahkan klik menu Uploads atau Unggahan. Lanjut klik Upload your own images dan cari file photo atau gambar yang akan diupload dari komputer Anda atau tempat penyimpanan lainnya.


Tunggu hingga proses upload atau pengunggahan selesai. Jika sudah, klik photo atau gambar yang sudah diupload hingga muncul di halaman edit.



Klik, tahan, dan geser (masukkan) photo persis di tempat photo bawaan Canva yang akan diganti.


Sampai di sini, proses mengganti gambar sudah selesai. Lanjutkan dengan mengganti atau mengedit teks sesuai dengan kebutuhan.

b. Mengganti Teks

Untuk mengganti atau mengedit teks sangat mudah. Setiap teks yang "berbeda" biasanya dibuat dalam satu kelompok teks yang terpisah, sehingga mudah untuk mengeditnya.

Klik pada teks yang akan diganti. Kemudian hapus teks lama dan ganti dengan teks yang diinginkan. Untuk keperluan edit teks lebih lanjut, perhatikan menu edit teks yang muncul di bagian atas jendela edit. (Menu edit akan muncul setelah kelompok teks yang akan diedit, di-klik).


Edit teks bisa dilakukan tidak hanya menyangkut jenis huruf, size, warna, isi, dan seterusnya, tapi juga posisi dan penempatannya dalam desain.


Yang perlu Anda catat juga dalam memilih format layout atau desain yang ada, perhatikan tulisan kecil pada setiap desain, karena ada format desain yang berbayar dan ada yang gratis (Free). Pilih yang Gratis atau Free jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membayar.

2. Memilih dan Menambahkan Element ke dalam Desain


Jika Anda beralih mengklik menu element, akan terdapat sedikitnya 8 kategori element yang dapat Anda tambahkan ke dalam setiap desain anda. Dan setiap kategori berisi ratusan model element yang bisa Anda pilih.

Beberapa kategori element yang bisa anda tambahkan ke dalam desain anda adalah:
a. Free Photos (elemen berisi photo-photo gratis dari Canva sendiri).
b. Grids (kategori elemen berisi berbagai model grids untuk tata letak unsur-unsur desain)


c. Frames. Canva juga menyediakan banyak model yang bisa anda gunakan untuk frame gambar atau desain Anda.

d. Shapes. Elemen shapes Canva memuat banyak sekali form atau bentuk-bentuk yang bisa Anda tambahkan ke dalam desain Anda.
e. Lines. Memuat berbagai bentuk garis yang bisa mendukung desain grafis Anda. Di bawah ini adalah salah satu contoh gambar menambahkan element garis (berbentuk panah) pada desain, serta mengubah warna panah dari warna biru menjadi warna merah.

 

f. Illustrations. Canva juga menyediakan gambar-gambar ilustrasi yang mungkin Anda perlukan untuk melengkapi desain anda.
g. Icons. Elemen lainnya adalah aneka macam icon atau atau simbol-simbol.
h. Charts. Pada elemen ini terdapat banyak sekali macam-macam form grafik, skema, atau bagan. Berbentuk batang, garis, atau lingkaran.Elemen ini sangat penting terutama jika Anda sedang membuat desain grafis untuk bahan presentasi. Dan Anda bisa dengan mudah mengeditnya sesuai keperluan.


3. Menambahkan Unsur Teks pada Desain


Selain teks bawaan dari template layout seperti dibahas di atas, Canva juga memiliki menu sendiri untuk menambahkan unsur teks pada proyek desain Anda.

Ada 4 pilihan, yakni menambahkan teks format Heading, Sub Heading, Teks Normal, dan Form Teks atau teks yang sudah terformat sebagai sebuah desain.

Yang terakhir ini memiliki banyak pilihan desain teks. Anda tinggal memilih model yang paling sesuai, klik pilihan Anda, lalu ganti materi kontennya.

  
 Anda juga masih dapat mengedit teks kemudian dengan memanfaatkan semua fitur edit teks yang disediakan Canva (jenis huruf, size, spasi, warna, rotate, dan sebagainya).

4. Memilih dan Mengganti Background atau Latar Belakang Desain


Canva juga menyediakan banyak pilihan background atau latar belakang desain yang bisa Anda gunakan. Khususnya jika Anda tidak menggunakan format layout yang sudah jadi seperti dibahas di atas.

Secara default, ketika Anda membuka halaman baru untuk memulai proyek pembuatan desain, latar belakang halaman canva adalah putih polos. Di sinilah Anda perlu mencari dan mengganti latar belakang yang sesuai dengan rencana desain Anda.

Pilihannya macam-macam. Mulai dari yang berwarna dan polos, sampai pada latar belakang dengan aneka tekstur dan motif.


Tapi ingat, seperti pada menu-menu lainnya, ada pilihan latarbelakang berbayar dan ada yang gratis. Harga rata-rata background berbayar adalah $1. Saya sendiri belum pernah menggunakan layanan berbayar ini, sehingga tak bisa cerita banyak soal prosedurnya. Yang pasti, semua produk berbayar Canva tampak dilindungi dengan watermark Canva, dan tidak bisa didowload secara bebas (kecuali bagi yang tau tips 'mengakalinya'.... Sssstttt....rahasia...)

5. Menu Uploads untuk Mengunggah Image, Photo, atau Gambar 




Seperti sudah disinggung sekilas di atas, Anda bisa menambahkan dan mengintegrasikan photo, image, atau bentuk gambar lainnya dari komputer Anda (atau dari tempat penyimpanan lainnya) ke dalam proyek desain yang sedang dikerjakan.

Caranya adalah dengan mengupload atau mengunggahnya terlebih dahulu ke dalam kotak penyimpanan Canva.

Klik Menu Uploads  ---> lanjut klik Upload Your Own Images ---> pilih file photo/gambar/image pada folder penyimpanan ---> klik Open.

Tunggu hingga proses upload selesai dengan sempurna. Jika sudah, hanya dengan satu klik pada gambar/photo yang sudah diupload, ia akan tampil pada jendela edit Canva. Dan sekarang, gambar/photo/image Anda siap untuk digunakan dalam proses desain. (baca kembali pembahasan Mengganti Gambar/Photo di atas).

6. Beberapa Contoh Desain Grafis Menarik dari Canva

 

Desain Blog Graphic






Desain Book Cover

Desain Iklan Vertikal








  
Desain Iklan Facebook

Desain Iklan Leader Board

Desain Magazine





Desain Marketing Material

Desain Tumblr Graphic

Demikian tutorial Mengedit Photo dan Membuat Desain Grafis Online dengan Canva, Tanpa Download Aplikasi. Semoga bermanfaat!
__________________



Thanks for reading Mengedit Photo dan Membuat Desain Grafis Online dengan Canva, Tanpa Download Aplikasi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar: